ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERAMIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI CV. GUNUNG MAS MEDAN
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Kualitas menjadi faktor dasar keputusan konsumen di produk atau jasa. Akibatnya, kualitas merupakan faktor kunci yang membawa keberhasilan bisnis, pertumbuhan dan peningkatan posisi bersaing. CV Gunung Mas Medan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan keramik dengan sistem job order, dimana kualitas permukaan yang baik atau zero defect sangat diharapkan oleh konsumen. Pada keramik dengan motif White Ivory berukuran 40 x 40 cm yang diproduksi di Bagian II dengan pengambilan data yang dilakukan bulan Februari, Maret dan April pada tahun 2012 diperoleh rata-rata hasil produksi untuk KW 1 sebesar 67,83%, KW 2 sebesar 25,09% dan KW 3 sebesar 7,25%. Hal ini terjadi karena adanya proses yang kurang memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan, sehingga output yang dihasilkan tidak konsisten dan memiliki tingkat variabilitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah bagaimana meningkatkan kualitas dengan menggunakan siklus DMAIC (Define, Measure, Analys, Improve and Control) dari Six Sigma. Dari penerapan metode tersebut didapatkan penurunan tingkat kegagalan yang cukup signifikan yaitu dari 57426,55 DPMO menjadi 40591,78 DPMO. Dengan perbaikan dan pengembangan sistem produksi yang telah ada masih memungkinkan dicapai nilai yang lebih baik lagi.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Eugene, L., G., Richard, S., L., W. (2001). Pengendalian Mutu Statistik. Penerbit Erlangga Jakarta. Gasperz, Vincent. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma : Terintegrasi Dengan ISO
9001 dan HACCP. PT. Gramedia Pustaka Tama.
Goetsch & Davis, S. (1995). Implementing to Total Quality. New Jersey : Prentice Hall International, Inc
Montgomery, D., C. (1996). Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. Gajah Mada University Press.
Peter, S., P., & Robert, N. (2000). The Six Sigma Way. Penerbit Andi Yogyakarta. Yamith, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Penerbit Ekonosia Yogyakarta.